Minggu, 06 Oktober 2013

TUGAS 1 Sistem Informasi Psikologi dan TUGAS 2 Arsitektur Komputer & Struktur Kognitif Manusia


Tugas 1

Sistem Informasi Psikologi
Pengertian Informasi
Bagaimana pengertian Informasi sehingga dapat berinteraksi dengan sistem
Jawab :
Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendatang. Atau Informasi dapat diartikan menjadi data yang telah diproses, atau data yang memiliki arti.
Ketika berbicara mengenai informasi dan dihubungkan dengan sistem, maka kita akan menjelaskan mengenai pengertian sistem terlebih dahulu. Sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang dikoordinasikan untuk melaksanakan seperangkat tujuan. Sistem memiliki proses dimana adanya proses input dan output, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara informasi dengan sistem. Dimana sistem merupakan sekumpulan komponen yang saling berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya sehingga menghasilkan suatu tujuan yang berupa suatu informasi yang berguna untuk seseorang.

Pengertian Sistem Informasi Psikologi
Bagaimana penggunaan sistem informasi dalam psikologi
Jawab :
Sebelum saya menjawab pengertian sistem informasi psikologi. Mari kita lihat definisinya dari berbagai tokoh
Menurut C.W. Churchman, sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang dikoordinasikan untuk melaksanakan seperangkat tujuan. Sistem memiliki proses dimana adanya proses input dan output, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara informasi dengan sistem. Dimana sistem merupakan sekumpulan komponen yang saling berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya sehingga menghasilkan suatu tujuan yang berupa suatu informasi yang berguna untuk seseorang.
Menurut Chr. Jimmy L. Gaol, sistem adalah hubungan satu unit dengan unit-unit lainnya yang saling berhubungan satu sama lainnya dan yang tidak dapat dipisahkan serta menuju suatu kesatuan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Menurut Hanif Al Fatta, sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur atau variabel-variabel yang saling terorganisasi, saling berinteraksi, dan saling bergantung sama lain.

Menurut Laudon, informasi adalah data yang sudah dibentuk ke dalam sebuah formulir bentuk yang bermanfaat dan dapat digunakan untuk manusia.
Menurut Chr. Jimmy. L.Gaol, informasi adalah segala sesuatu keterangan yang bermanfaat untuk para pengambil keputusan/ manajer dalam rangka mencapai tujuan organisasi yang sudah ditetapkan sebelumnya.
Menurut Zulkifli Amsyah, informasi adalah data yang sudah diolah kedalam bentuk tertentu sesuai dengan keperluan pemakaian informasi tersebut.

Menurut Widjono, Psikologi berasal dari kata psyche berarti jiwa, dan logos berarti ilmu. Psikologi adalah ilmu jiwa.
Menurut Carole Wade & Careol Tavris, psikologi dapat didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang berfokus pada perilaku dan berbagai proses mental ini dipengaruhi oleh kondisi mental organisme dan lingkungan eksternal.
Menurut Dali Gulo, psikologi yaitu ilmu yang mempelajari proses-proses mental dan perilaku makhluk hidup, ataupun proses-proses mental dan perilaku itu sendiri.

Menurut Kusrini & Andri Kaniyo, sistem informasi adalah sebuah sistem yang terdiri atas rangkaian subsistem informasi terhadap pengolahan data untuk menghasilkan informasi berguna dalam pengambilan keputusan.
Menurut Irene Joos, dkk, sistem informasi adalah suatu sistem yang memiliki tujuan sendiri untuk menghasilkan informasi dengan menggunakan sistem input-proses-output.
Menurut Chr. Jimmy L.Gaol, sistem informasi psikologi bertujuan mendapatkan pemahaman bagaimana manusia pembuat keputusan merasa dan menggunakan informasi formal.
 Berdasarkan penjelasan diatas, saya simpulkan sistem informasi psikologi adalah sebuah sistem yang mencakup informasi-informasi yang berkaitan dengan psikologi dan dapat bermanfaat bagi penggunanya.
Penggunaan sistem informasi dalam psikologi, dimungkinkan karena banyak hal dalam dunia psikologi yang masih bisa dikelola dengan sentuhan komputerisasi, contohnya yaitu pada tes psikologi yang saat ini dapat menggunakan komputer dab tidak selalu manual seperti papikostik.



Tugas 2

Arsitektur Komputer & Struktur Kognitif Manusia

Pengertian Arsitektur Komputer
Bagaimana pengertian arsitektur komputer
Jawab :
Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer, kebutuhan bagian perangkat keras, tujuannya adalah bagaimana sistem perangkat keras dalam komputer dapat bekerja seefisien mungkin sesuai dengan fungsi pada setiap perangkatnya.

Struktur Kognisi Manusia
Bagaimana struktur kognisi manusia
Jawab :
Sebelum menjawab mengenai struktur kognisi manusia, kita harus mengetahui pengertian kognisi. Apa itu kognisi? Kognisi merupakan proses berfikir manusia. Bisa disimpulkan, kognisi manusia merupakan suatu unsur yang saling berhubungan antara proses berfikir dengan manusia yang saling berkaitan dan saling melengkapi satu dengan yang lainnya.

Kaitan antara Struktur Manusia dan Arsitektur Komputer
Bagaimana menjelaskan dan memahami kaitan antara struktur kognitif manusia dan arsitektur komputer
Jawab :
Struktur manusia adalah suatu unsur yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya, saling melengkapi, saling berkaitan, dan skema. Seperti bagian otak yang mengakomodir bagian tubuh manusia yang menjadikan suatu sistem yang kompleks. Sedangkan Arsitektur Komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer, kebutuhan bagian perangkat keras, tujuannya adalah bagaimana sistem perangkat keras dalam komputer dapat bekerja seefisien mungkin sesuai dengan fungsi pada setiap perangkatnya.
Dapat disimpulkan adanya kaitan antara strukur manusia dan arsitektur komputer.


Kelebihan dan Kelemahan Arsitektur Komputer dibandingkan Struktur Kognisi Manusia
Jawab :
Kelebihan ;
Bisa digunakan oleh banyak pengguna
Dapat membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan
Memiliki processor yang berjumlah lebih dari satu

Kekurangan ;
Membutuhkan daya listrik yang sangat besar
Harganya mahal
Kerjanya lama





SUMBER :
Amsyah, Z. (2005). Manajemen Sistem Informasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. (Google Book)

Gaol, C.J.L (2008). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Grasindo. (Google Book)

Gulo, D. (1982). Kamus Psikologi. Universitas Michigan: Tonis

Joos, I. Dkk. (2009). Belajar Cepat Komputer: Panduan untuk profesi kesehatan (ed 3). Jakarta: EGC. (Google Book)


Kusrini & Kaniyo, A. (2007). Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server. Yogyakarta: Andi (Google Book)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar